BANGGA DENGAN TAZKIYAH, GELAR DAN SANAD?

Sahabat para da’i..

Rekomendasi/ tazkiyah dari para syeikh, ijazah bersanad dan gelar akademi yang kaudapatkan, bukanlah sarana untuk berbangga dan membusungkan dada dihadapan manusia, berjalan sana sini “petentengan” sambil mendongakkan  kepala merendahkan teman-teman seprofesi denganmu, karena mereka tidak punya tazkiyah, tidak bertitel dan bergelar, tidak pula bersanad.

Tazkiyah dan sanad yang kau miliki dari berbagai individu dan lembaga, tidak akan mampu mensucikan dirimu di hadapan Allah Rabbul Izzah wal jalalah, dan tidak pula dapat membuatmu berjaya dan beruntung dunia dan akhirat.

Orang berjaya dan beruntung hanyalah orang yang dapat mensucikan dirinya dari dosa dan maksiat, dari syubuhat dan syahwat.

Pokok keberuntunganmu  hanyalah manakala ilmu yang kau miliki,  benar-benar kau amalkan dan membuatmu takut pada Rabbmu.

Allah berfirman:

 قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا     الشمس : 9

“Sungguh telah beruntung orang-orang yang mensucikan dirinya.” Bukan yang dianggap suci oleh manusia, dengan membawa segudang gelar dan rekomendasi dari manusia.

 وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يُزَكِّي مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ(النور:٢١)

“Sekiranya bukan karena Karunia Allah dan rahmatnya atas kalian, niscaya tidak seorangpun diantara kalian yang dapat mensucikan diri, namun Allah jualah yang dapat mensucikan siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”

 Sumber Artikel : https://www.abufairuz.com/2022/tazkiyatun-nufus/bangga-dengan-tazkiyah-gelar-dan-sanad/