PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan adalah penambahan, perkembangan, pertumbuhan, pengaturan dan pembaruan.

Roghib Al Ishfahani :
Pendidikan adalah mengembangkan sesuatu setahap demi setahap menuju kesempurnaan.

Imam Al Baidhowi :
Pendidikan adalah mengantarkan sesuatu setahap demi setahap menuju tingkat kesempurnaanya.

Prof. 'Abdul Hamid Al Hasyimi :
Pendidikan adalah proses kejiwaan dan sosial yang digunakan para pembimbing untuk mengatur dan merencanakan masa depan anak sejak masih dalam buaian, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan sepanjang hidupnya. (Ar Rosul Al Arobi Al Murobbi hal : 349)

Landasan proses pendidikan
1. Memperhatikan pentingnya tahapan dalam proses pendidikan.
2. Mengembangkan bakat alami dan memperdalamnya setelah ia dewasa dan mapan.
3. Proses pendidikan harus dilandaskan pada kesesuaian watak dengan warisan nilai-nilai budaya dan aqidah serta juga pengalaman-pengalaman yang dipadatkan.

Dari beberapa hal di atas :
Pendidikan adalah proses pengembangan sosial kejiwaan menuju pengembangan bakat alami, bertahap dalam mengembangkannya dan memperbaiki akhlak serta menyempurnakannya sesuai dengan akidah dan nilai-nilai budaya.

Dengan bahasa mudahnya :
Pendidikan adalah mengantarkan manusia untuk menyesuaikan, mencocokkan fitrahnya sebagai manusia dimana dia adalah makhluk ciptaan yang diberi tugas untuk beribabadah kepada Pencipta (Kholik)-nya.

Pendidikan Islam
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berpijak pada dasar-dasar Islam dan menggunakan berbagai metode Islam untuk menguatkan akidah dan mematuhi hukum-hukum Islam dalam perilaku.

1. Pendidikan yang berpijak pada dasar-dasar Islam maksudnya mengacu kepada Rukum Islam dan Rukun Iman dimana Al Qur`an dan As Sunnah sebagai pijakannya.
2. Menggunakan berbagai metode Islam maksudnya menggunakan metode yang digunakan pada 3 generasi awal, generasi sahabat, generasi tabi'in dan generasi tabiut tabi'in. Mengapa 3 generasi awal? karena generasi meraka adalah generasi keemasan dan kejayaan Islam.
3. Untuk menguatkan akidah dan mematuhi hukum-hukum Islam dalam perilaku adalah mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, alias tidak sebatas pengetahuan, namun yang terpenting adalah dalam pengamalan.

Tujuan tertinggi dalam pendidikan Islam adalah sebagaimana firman Alloh dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 : "Dan tidaklah aku menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku."

Dalam Tafsir Al Qurtubi disebutkan makna ibadah di ayat ini adalah tauhid, melaksanakan ibadah dan menjaga ketaatan dan mengenal Alloh Subhanahu wata'ala.

Wallohu a'lam.


- Denny Setiawan
- 21 Muharrom 1444 H - 19 Agustus 2022 M
- Kantor Sekretariat Sekolah Quba